Berita

PPS Kelurahan Trompo Butuh 10 Pantarlih untuk Sukseskan Pilkada 2024

By : Ahmad Fauzi

 

Trompo - Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Trompo membutuhkan 10 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pilkada 2024 mendatang. Jumlah tersebut sudah diusulkan ke KPU Kabupaten Kendal melalui PPK Kecamatan Kendal.

 

Koordinator Divisi SDM PPS Kelurahan Trompo, Ibda Mubarok mengatakan kebutuhan Pantarlih ini disesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) untuk Pilkada mendatang. Sebab ada penyesuaian jumlah TPS dibanding Pemilu 2024 lalu.

 

"Jumlah yang kita usulkan 5 TPS. Jumlah TPS ini berbeda waktu pemilu. Saat itu jumlah DPT maksimal 300 di setiap TPS, sekarang ini setiap TPS maksimal pemilihnya bisa 600 orang," kata Ibda saat dihubungi tim DOKAR Kelurahan Trompo.

 

Ibda mengatakan, kebijakan ini merupakan bentuk penyesuaian yang diatur dalam undang-undang. Sehingga jumlah kebutuhan Pantarlih dari data TPS yang sekarang adalah 10 orang.

 

"Jumlah kebutuhannya 10 orang calon pantarlih.," ujar Ibda.

 

Dia menuturkan, penentuan Pantarlih disesuaikan dengan jumlah pemilih dalam setiap TPS. Ada yang satu Pantarlih untuk satu TPS, tapi ada juga dua Pantarlih.

 

"Dalam satu TPS, bisa antara satu dan dua orang. Untuk TPS yang pemilihnya di bawah 400, maka satu pantarlih. Kalau TPS di atas 400, mulai 401 maka dua pantarlih," tuturnya.

 

Ibda melanjutkan, Pantarlih yang pernah bertugas waktu Pemilu 2024 lalu masih bisa mendaftar untuk Pilkada 2024. Bahkan PPS Kelurahan Trompo memberikan prioritas kepada mereka yang sudah punya pengalaman.

 

"Jadi memang mengacu pada keputusan KPU RI terbaru itu yang berpengalaman yang diprioritaskan, tapi harus memenuhi sayarat formal. Kalau pendaftarnya lebih dari satu orang, maka kita prioritaskan yang sudah berpengalaman," ujarnya.

 

Pantarlih sendiri merupakan badan pelaksana Pemilu yang ada di bawah tingkat desa/kelurahan atau di lingkungan TPS berada. Adapun Pantarlih akan memperoleh honor sebesar Rp 1.000.000.

 

Mereka nantinya akan melakukan kegiatan pencocokan dan penelitian atau Coklit untuk memutakhirkan data pemilih dengan cara menghubungi pemilih secara langsung. Adapun masa kerja mereka yakni 24 Juni hingga 25 Juli 2024.

 

Share :

Cuaca Hari Ini

Kamis, 22 Agustus 2024 22:13
Awan Mendung
28° C 25° C
Kelembapan. 75
Angin. 0.89